Sejarah Unik 10 Merek Terkenal Dunia ( bagian 1 )

Selama ini kita banyak tahu berbagai merek terkenal, seperti Starbucks, Facebook, Google dan lain-lain. Tapi, apakah Anda sejarah atau asal-usul merek terkenal itu?

Banyak perusahaan punya sejarah unik dalam perjalanannya, bahkan ada cerita yang sama sekali tidak disangka-sangka. Mungkin beberapa kisah perusahaan di bawah ini ada yang belum pernah Anda dengar sama sekali.

Seperti dikutip dari Forbes, berikut ini kisah bagian pertama di balik merek-merek terkenal dunia. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin memulai karir sebagai pengusaha.

 10. Amazon

img

Awalnya, perusahaan ini diberi nama Cadabra, tapi langsung diganti begitu si pendiri, Jeff Bezos, memberi tahu nama perusahaan yang baru didirikannya itu kepada pengacaranya. Kok bisa? Pasalnya, si pengacara yang kebingungan itu menjawab, "Cadaver?"

9. Berkshire Hathaway

img 
 
Perusahaan ini awalnya bergerak di industri tekstil sekitar 100 tahun lalu sebelum akhirnya berubah menjadi perusahaan investasi.
Perusahaan ini dibeli salah satu orang terkaya dunia, Warren Buffett, pada 1964. Seabury Stanton, presiden Berkshire kala itu, menolak membayar saham yang dimiliki Buffet senilai US$ 11,5 secara tunai, ia malah menawarkan di harga US$ 11,375 secara tertulis.
Buffett pun kesal atas langkah Stanton ini, sampai-sampai ia bertekad untuk menguasai kepemilikan saham mayoritas di Berkshire Hathaway. Ambisinya pun tercapai, hal pertama yang dilakukan Buffet setelah menjadi pemegang saham mayoritas adalah memecat Stanton.

8. Dell

img
Dell Computer Corporation pernah masuk dalam daftar Fortune 500 di 1992 silam, menjadikan Michael Dell CEO termuda yang pernah masuk dalam daftar ini, yaitu di umur 27, rekor yang belum pernah terpecahkan sampai sekarang.

7. Facebook

img 
 
Facebook sedang ramai dibicarakan gara-gara aturan privasi foto yang terlalu longgar. Ternyata masalah privasi ini sudah sejak lama dialami Facebook, tepatnya di 2003 ketika Mark Zuckerberg meng-hacked jaringan komputer Harvard dan mendapatkan akses ke ratusan foto mahasiswinya. Ia memasang foto-foto itu secara online dan dihujat oleh banyak mahasiswi dengan alasan melanggar privasi.

6. Ford

img 
 
Produsen otomotif milik Henry Ford ini pernah dua kali bangkrut sebelum meraih sukses. Perusahaan yang awalnya bernama Detroit Automobile Company ini bangkrut setelah beroperasi hanya dua tahun.
Perusahaan ini bangkit dan berganti nama menjadi Henry Ford Company pada 1901 sebelum gagal lagi dan akhirnya berubah nama lagi menjadi Ford Motor Company dua tahun kemudian. Akhirnya pada percobaan ketiga perusahaan pun meraih sukses.

Sumber: detiknet











Share this article :
 
 

Copyright © 2013. DUNIA INFO - All Rights Reserved

powered by Blogger