Tahun 2012, konsumen menghabiskan rata-rata dua jam setiap hari
menggunakan aplikasi selular, naik 35 persen dari tahun lalu, menurut
firma analitik Flurry. Jumlah tersebut diperkirakan terus naik pada
2013.
“Tahun 2012 merupakan titik balik perubahan cara konsumen menggunakan
aplikasi,” ujar Craig Palli, wakil presiden perusahaan pemasaran
selular Fiksu. Ia menambahkan bahwa konsumen sekarang gemar menggunakan
aplikasi untuk tugas sehari-hari.
Kategori-kategori seperti jaringan sosial, media dan hiburan,
penyunting foto dan permainan, terus menarik perhatian konsumen, dengan
YouTube dan Angry Birds sebagai aplikasi terbanyak yang diunduh di toko
aplikasi Apple.
Beberapa aplikasi yang dikeluarkan tahun ini dengan cepat masuk dalam
daftar aplikasi yang paling banyak diunduh dan menghasilkan pendapatan
tinggi, antara lain Draw Something, Songza dan buku sketsa Paper untuk
iPad.
Namun revolusi terbesar, menurut Palli, adalah di antara konsumen
yang senang aplikasi untuk kegiatan sehari-hari, seperti untuk mencari
taksi atau hotel, mengetahui berita atau peristiwa terkini, dan
membayar.
Aplikasi-aplikasi semacam itu termasuk Uber dan Hailo untuk memesan
taksi dan limosin, dan AirBnB dan HotelTonight untuk mencari akomodasi,
serta Square dan Passbook yang merupakan dompet digital.
Sumber: PR