Netbook Diramalkan "Kiamat" Pada 2013

Dengan makin boomingnya keberadaan perangkat tablet PC akan membawa konsekuensi matinya netbook yang sempat booming juga pada 2009, demikian dilaporkan laman The Guardian, Selasa (1/1/13).
Sebagai buktinya Asus telah mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan produsi netbook Eee pada 2013. Selama 2012, hanya Asus dan Acer yang masih memproduksi netbook.

Kabarnya Acer pun tidak akan lagi memproduksi netbook pada 2013. Ini tentunya akan berimbas pada penjualan netbook, di mana retailer online maupun offline pastinya akan memangkas harga guna menghabiskan stok netbook mereka yang masih tersisa. Setelah semua netbook besutan Asus dan Acer terjual habis, maka tidak akan ada lagi netbook yang dijual di pasaran. 

Punahnya netbook disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya kondisi ekonomi yang semakin membaik sehingga konsumen cenderung untuk lebih memilih perangkat yang lebih mahal dan bertenaga seperti ultrabook dan laptop.

Selain itu, popularitas yang luar biasa dari tablet PC seperti iPad dan tablet Android menjadikan netbook makin kalah bersaing dan siap masuk ke lubang kubur. Pada 2010 dan 2011 angka penjualan netbook terus mengalami penurunan. Angka penjualan tertinggi hanya terjadi pada kuartal pertama 2010 dengan terjual sebanyak 2 juta unit dan pada kuartal keempat 2011 hanya terjual sebanyak 750.000 unit saja.
 
Sumber: PR
Share this article :
 
 

Copyright © 2013. DUNIA INFO - All Rights Reserved

powered by Blogger