Cerita Dibalik Scooter Vespa Piaggio

infodunia.net - Bila Italia tak mengalami krisis ekonomi pasca PD-II. Mungkin sepeda motor berbalut ban kecil tak akan pernah lahir. Piaggio yang sejak perang dunia pertama dikenal sebagai industri dirgantara yang kerap menciptakan pesawat terbang hingga helikopter ini, mengalami dampak krisis ekonomi yang cukup pahit. Namun Enrico Piaggio sang pewaris perusahaan yang didirikan oleh Rinaldo Piaggio ini dapat dikatakan melakukan langkah yang sangat monumental.

 

Tindakan penyelamatan perusahaan yang dilakukan Enrico adalah dengan memerintahkan Corradino D'ascanio, sang insinyur aviasi yang sempat mendesain helikopter legendaris Italia - Agusta, untuk membuat sebuah sepeda motor mini. Permintaan Enrico pada Corradino saat itu adalah, "Coba Anda buat sebuah kendaraan roda dua yang mudah dikemudikan oleh pria maupun wanita, kemudian harganya harus terjangkau dan memiliki mesin dan bodi yang kuat. Dan kalau bisa didesain agar pakaian (baju celana) pengendaranya tak kotor terkena cipratan lumpur."

Menerjemahkan permintaan itu, akhirnya Corradino menciptakan sebuah sepeda motor kerdil yang dianggap dapat dengan mudah dikendalikan wanita, dan dilengkapi legshield agar kotoran tak naik ke kaki. Ya, prototipe ini lahir tahun 1946. Dan benda yang menjadi ikon revolusi desain kendaraan roda dua ini akhirnya dinamai Vespa (Lebah, Italia). Karena perancangnya biasa bergelut dengan helikopter. Maka tak heran bila konstruksi mesinnya tak jauh berbeda dengan pesawat yang dapat take-off secara vertikal tersebut.

itulah sepenggal sejarah Piaggio Vespa


Share this article :
 
 

Copyright © 2013. DUNIA INFO - All Rights Reserved

powered by Blogger