Kata
 orang-orang, Search Engine Optimization (SEO) semakin susah dilakukan 
gara-gara mesin pencari terus memperbarui algoritma pencariannya (dan 
juga algoritma mencegah kecurangan). Contohnya Google Panda, lalu Google
 Penguin, sukses membuat orang-orang SEO marketing kalang kabut. 
Gara-garanya, Web yang di-SEO-kan mereka lenyap dari halaman depan. Jadi
 akan seperti apakah SEO di ke depannya?
SEO secara kasar adalah 
sebuah usaha untuk membuat posisi Web berada di halaman depan dengan 
kata kunci yang tepat. Jadi sudah lumrah orang mengatakan SEO itu, “yah,
 menempatkan Website jadi yang pertama di Google.” Umumnya cara yang 
paling banyak dilakukan orang adalah menempatkan backlink ke situs kita di Web yang memiliki PageRank tinggi. Masalahnya, Google Penguin yang tugasnya mengincar Web dengan backlink tidak natural membuat backlink
 tidak begitu berefek lagi. Setidaknya demikianlah yang terjadi 
(walaupun penulis percaya para ahli SEO pasti sudah memiliki cara 
membuat backlink yang bisa “mengecoh” Google Penguin”).
Google Penguin:Mungkin inilahsatu-satunya penguin yang paling dibenci orang-orang SEO di Internet. 
Poin
 yang ingin disampaikan adalah, daripada setiap saat mengecek 
apa yang diperbarui mesin pencari sehingga akhirnya sibuk untuk mencari 
celah, bukankah lebih baik kita membuat Web lebih search engine friendly
 dengan cara yang normal dan natural. Maksud dari normal dan natural 
adalah penyusunan konten yang menarik dan tepat sasaran. Jika kita 
membuat konten yang benar, maka mau diperbarui bagaimanapun algoritmanya
 tidak akan berefek pada kita.
SEO ke depannya tidak sekedar memasang backlink supaya terdorong ke halaman pertama. SEO nantinya akan merupakan usaha digital marketing
 secara keseluruhan. Mengapa? Karena langkah-langkah yang dilakukan 
adalah kreativitas tim pemasaran untuk membuat Web yang ingin dicari 
orang sehingga menjadi terkenal.
- Membuat desain Web yang baik
Mungkin contoh yang baik adalah seperti papan reklame di jalanan. Bagaimana membuat desain yang unik sehingga orang ingin melihatnya. Secara tidak langsung desain sangat berpengaruh karena adanya bounce rate yang menjadi patokan bagi mesin pencari. Jika dikarenakan desain kita yang buruk sehingga membuat orang begitu masuk Web, langsung keluar, maka otomatis akan berakibat buruk pada peringkat di mesin pencari. - Konten yang bermanfaat
Tulisan memiliki fungsi menyampaikan informasi kepada pengunjung. Ketika informasi Anda memiliki nilai lebih bagi pengunjung, maka mereka akan dengan senang hati membagikannya kepada orang lain. Demikianlah backlink yang natural itu berasal. Orang membagikannya karena kontennya memang bermanfaat atau menarik. - Sudah saatnya menggunakan Social Media
Sudahkah memiliki social media? Penulis merasa saat ini sudah seharusnya sebuah perusahaan untuk memiliki social media. Tujuan utamanya adalah untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan atau calon pelanggan. Para pelanggan umumnya mengekspektasi perusahaan merespon apa yang mereka kemukakan di Internet. 
sumber