Kata
orang-orang, Search Engine Optimization (SEO) semakin susah dilakukan
gara-gara mesin pencari terus memperbarui algoritma pencariannya (dan
juga algoritma mencegah kecurangan). Contohnya Google Panda, lalu Google
Penguin, sukses membuat orang-orang SEO marketing kalang kabut.
Gara-garanya, Web yang di-SEO-kan mereka lenyap dari halaman depan. Jadi
akan seperti apakah SEO di ke depannya?
SEO secara kasar adalah
sebuah usaha untuk membuat posisi Web berada di halaman depan dengan
kata kunci yang tepat. Jadi sudah lumrah orang mengatakan SEO itu, “yah,
menempatkan Website jadi yang pertama di Google.” Umumnya cara yang
paling banyak dilakukan orang adalah menempatkan backlink ke situs kita di Web yang memiliki PageRank tinggi. Masalahnya, Google Penguin yang tugasnya mengincar Web dengan backlink tidak natural membuat backlink
tidak begitu berefek lagi. Setidaknya demikianlah yang terjadi
(walaupun penulis percaya para ahli SEO pasti sudah memiliki cara
membuat backlink yang bisa “mengecoh” Google Penguin”).
Google Penguin:Mungkin inilahsatu-satunya penguin yang paling dibenci orang-orang SEO di Internet.
Poin
yang ingin disampaikan adalah, daripada setiap saat mengecek
apa yang diperbarui mesin pencari sehingga akhirnya sibuk untuk mencari
celah, bukankah lebih baik kita membuat Web lebih search engine friendly
dengan cara yang normal dan natural. Maksud dari normal dan natural
adalah penyusunan konten yang menarik dan tepat sasaran. Jika kita
membuat konten yang benar, maka mau diperbarui bagaimanapun algoritmanya
tidak akan berefek pada kita.
SEO ke depannya tidak sekedar memasang backlink supaya terdorong ke halaman pertama. SEO nantinya akan merupakan usaha digital marketing
secara keseluruhan. Mengapa? Karena langkah-langkah yang dilakukan
adalah kreativitas tim pemasaran untuk membuat Web yang ingin dicari
orang sehingga menjadi terkenal.
- Membuat desain Web yang baik
Mungkin contoh yang baik adalah seperti papan reklame di jalanan. Bagaimana membuat desain yang unik sehingga orang ingin melihatnya. Secara tidak langsung desain sangat berpengaruh karena adanya bounce rate yang menjadi patokan bagi mesin pencari. Jika dikarenakan desain kita yang buruk sehingga membuat orang begitu masuk Web, langsung keluar, maka otomatis akan berakibat buruk pada peringkat di mesin pencari. - Konten yang bermanfaat
Tulisan memiliki fungsi menyampaikan informasi kepada pengunjung. Ketika informasi Anda memiliki nilai lebih bagi pengunjung, maka mereka akan dengan senang hati membagikannya kepada orang lain. Demikianlah backlink yang natural itu berasal. Orang membagikannya karena kontennya memang bermanfaat atau menarik. - Sudah saatnya menggunakan Social Media
Sudahkah memiliki social media? Penulis merasa saat ini sudah seharusnya sebuah perusahaan untuk memiliki social media. Tujuan utamanya adalah untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan atau calon pelanggan. Para pelanggan umumnya mengekspektasi perusahaan merespon apa yang mereka kemukakan di Internet.
sumber