Facebook masih menjadi situs terpopuler di dunia versi Google AdPlanner. Dalam waktu enam tahun, jejaring sosial asal Amerika Serikat itu hingga hari ini sudah memiliki setengah miliar pengguna di dunia, tepatnya 571.884.500 pengguna. Fantastis.
Dari statistik Google AdPlanner per akhir November, Facebook masih berada di atas YouTube.com (2), Yahoo.com (3), Live.com (4), dan Wikipedia.org (5).
Facebook
kian populer. Lantas siapa saja negara yang mengakses jejaring sosial terbesar di dunia itu? Berikut ini...................
10 Negara Pengakses Facebook Terbesar didunia
No. | Negara | Jumlah pengguna |
1. | United States | 146,805,000 |
2. | Indonesia | 31,784,080 |
3. | United Kingdom | 28,935,380 |
4. | Turkey | 24,143,980 |
5. | France | 20,469,420 |
6. | Philippines | 18,901,900 |
7. | Mexico | 18,243,080 |
8. | Italy | 17,812,800 |
9. | Canada | 17,522,780 |
10. | India | 16,915,900 |
Menurut
CheckFacebook diketahui audiens Facebook di Indonesia mencapai 31,7
juta, tepatnya 31.784.080. Dengan populasi online 100 persen, Indonesia
menguasai 5,56 persen dari total pengguna Facebook di dunia.
Berdasarkan
gender, pengguna lelaki lebih mendominasi di Indonesia, yakni sekitar
18,7 juta (59,1 persen), ketimbang wanita jumlahnya diestimasi sekitar
12,9 juta (40,9 persen).
Sedangkan,
berdasarkan usia, 18-24 tahun merupakan rentang usia terbesar, yakni
13,1 juta pengguna (41,5 persen). Disusul rentang usia remaja 14-17
tahun sebesar 8 juta pengguna (25,4 persen), lalu rentang usia 25-34
tahun sebesar 6,8 juta pengguna (21,6 persen). Sisanya, tidak lebih dari
20 persen.
Untuk
rentang usia 35-44 tahun, penggunanya sekitar 2 juta pengguna (6,2
persen). Sementara rentang usia 44-54 tahun, ada sekitar 525 ribu
pengguna (1,7 persen), setara dengan rentang usia 55 tahun ke atas,
sekitar 500 ribu (1,7 persen). Porsi pengguna anak-anak, atau 13 tahun
ke bawah, terhitung 615 ribu (1,9 persen).
Data-data
di atas dikutiip VIVAnews dari CheckFacebook. Namun, CheckFacebook
tidak berafiliasi dengan Facebook. Setiap hari, CheckFacebook
mempublikasikan data yang dilaporkan dari alat iklan Facebook untuk
membantu para pemasar dan lembaga riset untuk memahami bagaimana
Facebook tersebar di seluruh dunia.