Instagram Menyangkal Jual Foto Pengguna

Pusat Informasi Dunia

Layanan berbagi foto Facebook, Instagram, menyangkal telah mengubah kebijakan privasi untuk memberi mereka hak menjual foto pengguna pada pengiklan tanpa pemberitahuan. Instagram justru kini mengatakan bahwa pengguna salah menginterpretasikan peraturan mereka dan menimpakan kesalahan pada pilihan bahasa yang "membingungkan." 


Klarifikasi Instagram menyusul derasnya penolakan para pengguna pada perubahan tersebut. "Kami jelaskan bahwa kami tidak berniat menjual foto anda," kata Instagram.
Presiden direktur Instagram Kevin Systrom mengatakan dalam blog, "Kami mengaku bersalah karena menggunakan bahasa yang membingungkan. Kami sedang memperbaiki bahasa yang kami gunakan dalam peraturan untuk memastikan semuanya jelas."
Perubahan wajib pada peraturan penggunaan Instagram akan berlaku pada 16 Januari.
Pilihan kata yang menimbulkan kontroversi itu adalah, "Anda dengan ini memberikan Instagram izin yang terbayar penuh, bebas royalti dan bisa dialihkan serta berlaku di seluruh dunia untuk menggunakan konten yang anda unggah di atau melalui layanan ini."
Peraturan itu juga menyatakan bahwa "bisnis atau perusahaan lain dapat membayar kami untuk menunjukkan nama pengguna anda, yang anda sukai, foto atau tindakan yang anda lakukan terkait dengan konten atau promosi berbayar tanpa kompensasi apa pun pada anda."
Menyusul penyangkalan Instagram, Electronic Frontier Foundation, grup kampanye AS yang giat memperjuangkan hak-hak konsumen di website dan media sosial mengatakan pada BBC bahwa "tampaknya ada sedikit permainan kata di sini."
"Sulit untuk dievaluasi kerusakan yang ditimbulkan huru hara ini pada perusahaan di tahap awal, tapi jejaring sosial berisiko kehilangan kepercayaan penggunanya. Dan jejaring sosial bergantung pada kesediaan pengguna berbagi informasi dan pengguna merasa hal itu aman," kata juru bicara Parker Higgins.
Facebook membeli Instagram $1miliar April tahun ini. Instagram kini memiliki 100 juta pengguna.
Sumber: pikiran-rakyat.com
Share this article :
 
 

Copyright © 2013. DUNIA INFO - All Rights Reserved

powered by Blogger